Alhamdulillah, Lembaga Penjaminan Mutu Internal Institut Medika drg. Suherman telah melaksanakan Pelatihan Calon  Auditor Internal  Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) IMDS  tepatnya pada tanggal 20 21 Agustus 2019, dimulai jam 08.00 – 17.30,bertempat di Aula Lantai 5 Rumah Sakit Sentra Medika Cibinong.

Peserta yang mengikuti Pelatihan Calon Auditor  Internal SPMI adalah Ketua Yayasan Medika Bahagia,Rektor, Wakil Rektor, Ketua SPI, Ketua LPPM, seluruh Ketua Program Studi, Perwakilan tenaga Kependidikan, serta perwakilan dari SMK  Kesehatan  Sentra Medika, dengan jumlah peserta 32 orang.

Materi yang disampikan oleh Ketua  LPMI, kegiatan diawali dengan kegiatan pre test dan diakhir kegiatan dilakukan post test, materi yang disampaikan meliputi : Dokumen SPMI,perencanaan audit, pelaksanaan audit, tekhnik audit, audit dokumen, audit lapangan, pembuatan pelaporan audit serta praktek audit.

Luaran kegiatan pelatihan  Calon auditor internal  SPMI adalah  mendapatkan auditor yang memiliki Integritas, Entrepreneur dan Unggul, sehingga mampu melaksanakan audit sesuai dengan kaidah-kaidah serta kode etik auditor Internal SPMI.  Kegiatan dikelola dengan baik dan dinamis,setiap kelompok berisi 4-5 peserta dimana para peserta dihadapkan pada 3 layar, sehingga peserta dengan mudah memahami paparan dan isi materi.  Peserta peserta sangat antusias dan sangat aktif di dalam setiap sesi, didukung dengan penyediaan doorprize yang menarik dan memberikan setimulus peserta dalam kegiatan tersebut. Selain belajar dalam ruang aula, peserta juga diajak bermain untuk menumbuhkan kerjasama team dari masing-masing peserta.

Materi Pre dan Post Tets dilakukan dengan  standar  dari KEMENRISTEK DIKTI,dan setiap peserta mendapatkan materi berupa soft copy dan hard file.  Setiap peserta akan mendapatkan sertifikat kepesertaan, dan bagi peserta yang dinyatakan lolos dalam kegiatan tersebut akan mendapatkan sertifikat auditor internal SPMI IMDS.

Informasi yang telah dihimpun  peserta yang  lolos menjadi auditor akan mendapatkan fasilitas jenjang karir sebagai auditor internal SPMI IMDS serta fasilitas peningkatan kompetensi yang berhubungan dengan  SPMI yang dilakukan atau diselenggarakan di dalam IMDS maupun diiluar IMDS  seperti yang diselenggarakan oleh L2DIKTI Wilayah IV atau dari KEMENRISTEK DIKTI.  Sesuai arahan Ketua Yayasan Medika Bahagia Dr. Drg. Edi Suharso, M.Kes, bahwa kegiatan ini akan dilakukan secara bertahap dan bergelombang, dan tidak menutup kemungkinan bagi PTS yang ada di dalam pembinaan IMDS sebagaimana MOU antara IMDS dengan PTS binaan (14 PTS), yang disaksikan oleh Ketua L2DIKTI ,Prof . Dr. Uman Suherman AS, M.Pd sebagai Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV Jawa Barat dan Banten di Bandung,dapat diikutkan/dilibatkan  dalam kegiatan sejenis.

Akhir yang indah “kita sebagai Auditor pasti akan bekerja secara team karena itu kita mesti banyak membaca, banyak bergaul  bergaul/membuka diri dan tentu kita juga harus bisa menjadi pendengar yang baik”.