Bencana siklon seroja ntt

IMDS, 19 April 2021, menyambut Kembali kepulangan relawan peduli bencana drg. Emillia Kristina Hutagaol, MARS., Kaprodi serta dosen Program Studi Administrasi Rumah Sakit IMDS yang tergabung dengan BNPB dan TAGANA RAWALI Indonesia melakukan pengabdian masyarakat dalam “Peduli Bencana Siklon Tropis Seroja, Provinsi Nusa Tenggara Timur”. Kegiatan berlangsung mulai tanggal 11 – 18 April 2021.

Kegiatan diselenggarakan dengan penyisiran daerah bencana, pemberian obat-obatan kepada para pengungsi, sembako dan kebutuhan pokok lainnya, kegiatan di Bena Dataran Timor Tengah Selatan, Pulau Sabu, dengan medan terdampak bencana yang sangat terpencar-pencar ditempuh dengan Perjalanan kapal cepat dengan waktu tempuh +- 8 jam. 

Selain memberikan bantuan medis kepada para masyarakat, “drg. Kristin menemukan anak 6 tahun menderita stunting atau gizi buruk sejak dalam kandungan, menjadi bahan perhatian bersama bahwa angka stunting masih terjadi didaerah NTT, selain kasus stunting, ditemukan beberapa kasus unik yang kemudian kami koordinasikan dengan puskesmas terdekat dan dinas terkait agar bisa di tindak lanjuti” terang drg. Kristin. 

Kegiatan pengmas selanjutnya dilaksanakan di Noel Baki, di puncak gunung Manmas Alor Timur yang terkena longsor lebih dari 200 KK terdampak longsor, ternak dan  tanaman bahan pokok (sayur, ubi, dll) terbawa longsor, kejadian ini menjadi perhatian khusus bagi masyarakat untuk mereka mendapatkan bantuan terutama sembako, untuk menghindari  ancam kelaparan bila 4 bulan ke depan tidak ada bantuan. Sebagai wujud Tridarma Perguruan Tinggi terutama IMDS bergerak dalam bidang Kesehatan maka menjadi penting untuk dapat menyelaraskan pemberian bantuan baik medis maupun medis dengan masyarakat setempat. 

Jangkauan masyarakat yang terlayani oleh drg. Kristin & Tim meliputi daerah Oesau, Noel Baki, Rata Bena, P.Sabbu, Pegunungan Manmas P.Alor, masyarakata yang terlayanani berkisar +/- 1000 orang dalam tempo 8 hari, bertolak dari Jakarta dengan membawa 120kg obatan-obatan dan ditambahkan dengan stok yang berada dikota kupang. #Red.Sam.

Bencana siklon seroja ntt